Kontribusi LEMIGAS untuk Produksi Minyak Bumi

20 May 2023

Pada 7 Mei 2023, Balai Besar Pengujian Minyak dan Gas Bumi LEMIGAS telah mengadakan Knowledge Sharing yang diadakan secara online. Pada Knowledge Sharing yang ketiga ini mengusung tema Flow Assurance and Chemical Selection dalam Mendukung Produksi Minyak Bumi.

Dalam acara Knowledge Sharing, Ketua Tim Adhoc Pengujian Pengolahan Minyak Bumi, Dr. Mont. Anda Lucia hadir sebagai narasumber, sebagai moderator adalah Ginanjar Rahmat, MT. Pemaparan kali ini merupakan jawaban dari permasalahan yang terjadi yaitu peningkatan permintaan akan energi dan fluktuasi harga minyak bumi, sehingga memerlukan kajian yang komprehensif terkait produksi dan tranportasi minyak bumi. Flow Assurance merupakan upaya mendukung program produksi minyak bumi 1 juta barrel per tahun.

Masalah yang sering dihadapi pada transportasi minyak bumi di dalam pipa dalalm proses produksi yaitu penyumbatan. Penyumbatan dalam pipa dapat menyebabkan banyak kerugian antara lain kehilangan produksi, waktu berhenti, perbaikan peralatan dll. LEMIGAS merupakan solusi bagi permasalahan penyumbatan pada pipa penyaluran minyak bumi dengan kegiatan Flow Assurance. Dr. Anda Lucia memaparkan bagaimana Flow Assurance menjamin aliran fluida yang diproduksi dari reservoir dapat dialirkan ke fasilitas proses hingga ke pengguna akhir. Penyumbatan di pipa terjadi karena terjadinya pengendapan padatan seperti wax, hidrate, asphale, scale, emulsi dan demulsifier.

Kemampuan dan pengalaman LEMIGAS terhadap studi Flow Assurance tidak diragukan lagi. Sejak tahun 2005 LEMIGAS telah melakukan studi Flow Assurance dengan JOB Pertamina-Petrochina East Java, Conoco Philips dan Chevron Indonesia. Hingga tahun 2023, studi Flow Assurance yang tengah dilaksanakan bekerja sama dengan PT. Bumi Siak Pusako dan PT. Sele Raya Belida.

Acara Knowledge Sharing kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab dan diskusi. Knowledge Sharing akan hadir kembali dengan topik-topik lainnya yang tidak kalah menarik. 

Anda Memiliki Pertanyaan Lain Tentang LEMIGAS ?

Hubungi Kami