Workshop Untuk Kalibrasi dan Verifikasi Peralatan Laboratorium Lumpur dan Semen Untuk Pemboran

12 January 2024

Balai Besar Pengujian Minyak dan Gas Bumi (BBPMGB) LEMIGAS mengadakan "Workshop for Laboratory Equipment Calibration and Driliing Mud-Cement Test" Yang di ikuti oleh PT. GreatWall Drilling Asia Pacific pada 4-9 Januari 2024, yang dilaksanakan di laboratorium Pemboran LEMIGAS.

Workshop yang didadakan ini dimaksudkan dapat memberikan pemahaman lebih dalam mengenai pengetahuan dasar mengenai lumpur dan semen pemboran, pengujian lumpur/semen pemboran dan pemahaman peralatan laboratorium, serta yang berkaitan dengan kalibrasi dan verifikasi peralatan pengujian pada laboratorium lumpur/semen pemboran. Narasumber workshop kali ini Bapak Iskandar Buraera sebagai praktisi ahli  dalam bidang Cementing di pemboran, Ibu Rachmi Kartini sebagai Kepala Laboratorium Pemboran LEMIGAS dan Dimas Ragil sebagai Kepala Laboratorium Kalibrasi LEMIGAS. 

Workshop ini merupakan bentuk kerjasama LEMIGAS dan PT Great Wall  dalam hal  pekerjaan pengujian kualitas lumpur dan semen pemboran.  Ada  beberapa point diskusi yang dibahas seperti halnya penyamaan persepsi dalam hal pengujian lumpur pemboran yang mengacu pada API13B1 &13B2,  serta semen pemboran sesuai API 10A & API 10 B.  Selain itu dipaparkan dan di diskusikan juga pentingnya menjaga kualitas  lumpur dan semen pada saat  pemboran, agar lubang yang di bor dapat menghasilkan produksi yang optimal. 

Dipaparkan juga peran analis laboratorium yang cukup penting  dalam membuat disain formulasi lumpur dan semen pemboran sesuai kebutuhan di lapangan.  Pemahaman yang berkaitan dengan kalibrasi/verifikasi peralatan  laboratorium lumpur semen pemboran juga menjadi topik yang di bahas dalam wokshop kali ini. 

Hasi dari kegiatan wokshop ini di harapkan analis dapat meningkatkan pemahaman dan kompetensi  para laboran dalam hal kalibrasi dan pengujian  kualitas lumpur/semen pemboran yang sesuai standard  yang berlaku.

Anda Memiliki Pertanyaan Lain Tentang LEMIGAS ?

Hubungi Kami