LEMIGAS JAGA MUTU PELAYANAN LABORATORIUM PENGUJIAN BBM, CRUDE OIL, GAS DAN KALIBRASI NASIONAL

23 June 2023

Pada Rabu, 22 Juni 2023, LEMIGAS menyelenggarakan Kick Off Meeting Uji Profisiensi Laboratorium BBM, Crude Oil, Gas dan Kalibrasi Tahun 2023 di perkantoran LEMIGAS, Cipulir. Acara Kick Off Meeting ini dibuka oleh Koordinator Pengujian Pengolahan Gas Bumi, Lisna Rosmayati mewakili Kepala Balai Besar Pengujian Minyak dan Gas Bumi LEMIGAS. Dalam sambutannya, Lisna Rosmayati mengungkapkan bahwa  acara Uji Profisiensi diselenggarakan untuk memenuhi persyaratan dalam SNI ISO/IEC 17025:2017, dimana setiap laboratorium uji dan kalibrasi yang terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional harus melakukan jaminan mutu hasil pengujian secara eksternal untuk memastikan keabsahan pengujian yang salah satunya dengan mengikuti uji profisiensi.         

          Dengan beragamnya metode uji, kompetensi personil, dan perbedaan infrastruktur laboratorium mengakibatkan hasil uji  atau kalibrasi berbeda-beda. Oleh karena itu, perlu dilakukan uji profisiensi antar laboratorium untuk membandingkan kinerja laboratorium satu dengan yang lainnya sehingga diharapkan peserta dapat melakukan evaluasi kinerja laboratoriumnya masing-masing.

Pada tanggal 03 Februari 2023 Balai Besar Pengujian Minyak dan Gas Bumi LEMIGAS telah mendapatkan Sertifikasi Akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) untuk Penyelenggara Uji Profisiensi dengan nomor akreditasi PUP-006-IDN untuk Laboratorium komoditi BBM, Pelumas, Gas, dan Kalibrasi.

Acara Kick Off Meeting ini merupakan bagian dari rangkaian Uji Profisiensi tahun 2023 ini yang dibagi menjadi 5 tahap kegiatan yaitu pendaftaran peserta, kick off meeting, pengujian sampel, penerimaan hasil uji, dan temu karya uji profisiensi. 

Jumlah peserta uji profisiensi LEMIGAS 2023 berasal dari laboratorium independen maupun laboratorium yang menjadi bagian produsen dengan rincian peserta sebagai berikut :

  • BBM : 28 laboratorium uji
  • Crude oil : 24 laboratorium uji
  • Gas bumi : 29 laboratorium uji
  • Pelumas : 54 laboratorium uji
  • Kalibrasi : 16 laboratorium kalibrasi

Pada kick off meeting disampaikan pemaparan teknis pelaksanaan uji profisiensi dan melakukan distribusi sampel crude oil, bahan bakar minyak,  pelumas, dan gas bumi. Setelah sampai di laboratorium, peserta melakukan pengujian dan melaporkan hasilnya sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Tahapan Uji Profisiensi akan berakhir pada Temu Karya uji profisiensi LEMIGAS 2023 yang direncanakan pada 12-13 Oktober 2023. Dengan menjadi penyelenggara Uji Profisiensi, LEMIGAS turut berkontribusi menjaga mutu dari pelayanan laboratorium pengujian untuk komoditi BBM, crude oil, gas dan kalibrasi di Indonesia

Anda Memiliki Pertanyaan Lain Tentang LEMIGAS ?

Hubungi Kami