DIREKTORAT JENDERAL MINYAK DAN GAS BUMI ADAKAN FORUM KOMUNIKASI STUDI KELAYAKAN PEMBANGUNAN JARINGAN PIPA TRANSMISI GAS BUMI RUAS DUMAI – SEI MANGKEI

04 September 2023

Pada 25 Agustus 2023, Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi menyelenggarakan Forum Komunikasi Studi Kelayakan Pembangunan Jaringan Pipa Transmisi Gas Bumi Ruas Dumai-Sei Mangkei secara hybrid di Hotel Four Points by Sheraton, Kota Medan dan via zoom dengan mengundang Dinas Perindustrian Perdagangan ESDM, Provinsi Sumatera Utara, Dinas PUPR Provinsi Sumatera Utara, Pusat Data dan Informasi Kementerian Perindustrian, PT PLN (Persero), PT PGN, SKKMigas, PT Kawasan Industri Nusantara (PT Kinra), PT Pertagas Niaga. Dalam Studi Kelayakan Pembangunan Jaringan Pipa Transmisi Gas Bumi Ruas Dumai - Sei Mangkei, BBPMGB LEMIGAS ditunjuk sebagai pelaksana studi tersebut.

Kegiatan Forum Komunikasi Studi Kelayakan Pembangunan Jaringan Pipa Transmisi Gas Bumi Ruas Dumai-Sei Mangkei yang diadakan di Kota Medan ini dihadiri peserta dari Dinas Perindustrian Perdagangan ESDM, Provinsi Sumatera Utara, Dinas PUPR Provinsi Sumatera Utara, Pusat Data dan Informasi Kementerian Perindustrian, PT PLN (Persero), PT PGN, SKK-Migas, PT Kawasan Industri Nusantara (PT Kinra), PT Pertagas Niaga, Direktorat Jenderal Migas.

Forum Komunikasi Studi Kelayakan Pembangunan Pipa Transmisi Gas Bumi Dumai - Sei Mangkei dibuka oleh Direktur Pembinaan Program di wakili oleh Koordinator Penyiapan Program Minyak dan Gas Bumi, Rizal Fajar Muttaqien. Dalam sambutannya, Koordinator Penyiapan Program Minyak dan Gas Bumi mengatakan, “Saat ini telah dilaksanakan pembangunan pipa transmisi ruas Semarang – Batang dan dilanjutkan dengan ruas Batang hingga Kandang Haur Timur. Sedangkan untuk ruas Dumai – Semangkai telah ditunjuk teman-teman dari LEMIGAS untuk pelaksanaan Kajian Studi Kelayakan, sehingga pembangunan pipa transmisi ini dapat dilaksanakan sebaik dan seefektif mungkin”. 

“Dalam studi kelayakan ini, selain faktor teknik dan keekonomian, tentunya faktor supply dan demand juga memegang peran penting sebagai salah satu penentu pembangunan ruas transmisi gas tersebut. Kesiapan dibangun tergantung supply dan demand di wilayah sekitar Dumai – Semangkei”, tambah Rizal Fajar Muttaqien

Forum komunikasi ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan masukan dari para stakeholders terkait potensi pasokan gas maupun potensi kebutuhan gas, baik dari Badan Usaha maupun pengguna gas sehingga diperoleh informasi yang dibutuhkan dalam menyelesaikan studi kelayakan ini.

Anda Memiliki Pertanyaan Lain Tentang LEMIGAS ?

Hubungi Kami