Lemigas Jadi Tuan Rumah Penyelenggaraan Puncak Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional 2023

15 February 2023

Memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2023 yang akan berlangsung dari tanggal 12 Januari hingga 12 Februari 2023, LEMIGAS telah menjadi tuan rumah dari Penyelenggaraan Puncak Bulan K3 Nasional 2023 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi pada 14/02/23. Acara dibuka oleh Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi KESDM, Tutuka Ariaji dan Direktur Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Kemenaker, Haiyani Rumondang.

Acara Puncak Bulan K3 Nasional 2023 di hadiri oleh para perwakilan dari Badan Usaha dan Bentuk Usaha Tetap kegiatan usaha Migas. Kegiatan ini sejalan dengan tema kegiatan yaitu Terwujudnya Pekerjaan Layak yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha di Tempat Kerja.

Dalam sambutan Direktur Jenderal Migas KESDM, Tutuka Ariaji menuturkan, KESDM memilih gas untuk lebih dominansebagai modal untuk tinggal landas menuju renewable energy, untuk itu budaya pekerjaan kita ke depan akan switch ke yang lebih beresiko, sehingga perlu penanganan tinggi sehingga K3 diperlukan lebih detail”.

Untuk menyemarakkan bulan K3 Nasional tahun 2023 ini, diadakan sejumlah kegiatan baik eksternal yang melibatkan stakeholder yaitu Ditjen Migas Walk Through, Breakfast Meeting bersama para Kepala Teknik Migas dan lomba video K3. Untuk kegiatan K3 internal pegawai, antara lain Emergency Drill, Sharing Knowledge penggunaan APAR dalam kehidupan sehari-hari, KOPI SENJA dengan tema Kesehatan Mental (work/life balance), lomba Bersama Turunkan Berat Badan, senam kesegaran jasmani, cek kesehatan, serta donor darah yang dimeriahkan oleh bazaar dan penampilan Migascoustic. Pada Puncak Bulan K3 diadakan Senam Bersama, Donor Darah, Cek Kesehatan, Lomba K3, Lomba Bola Basket dan Bazar. Acara ini diramaikan dengan hiburan musik dari Akustik Migas dan LEMIGAS Band. Pada acara ini pula diumumkan pemenang perlombaan Video Kreatif K3 dan Penurunan Berat Badan.

LEMIGAS turut mengadakan lomba K3 yang berupa Lomba Pemadaman Api Ringan dengan menggunakan APAR dan berikut nama-nama pemenang lomba Pemadaman Api Ringan:
Juara Nama Instansi

  • I Samsudin PT. Donggi Senoro
  • II Erikson PT. Orbit Terminal Merak
  • III Bambang PT. Dasuma Citra Abadi

Dengan melakukan upaya-upaya pengendalian semua bentuk potensi bahaya yang ada di lingkungan tenpat kerjanya maka potensi bahaya telah dikendalikan sampai batas standar aman, maka terciptalah kondisi lingkungan kerja yang aman dan sehat sehingga proses produksi dapat berjalan lancar, yang pada akhirnya akan terjadi peningkatan produktivitas. Upaya-upaya K3 harus terus menerus ditingkatkan melalui berbagai pendekatan sistematis dengan memperhatikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta standar K3 lainnya.

Anda Memiliki Pertanyaan Lain Tentang LEMIGAS ?

Hubungi Kami