LEMIGAS SELENGGARAKAN WORKSHOP PENINGKATAN KOMPETENSI & PEMBEKALAN SERTIFIKASI PPC BBM, BBN & PELUMAS

20 September 2023

Balai Besar Pengujian Minyak dan Gas Bumi BBPMGB LEMIGAS menyelenggarakan Workshop Peningkatan Kompetensi dan Pembekalan untuk Petugas Pengambil Perconto (PPC) BBM, BBN dan Pelumas, dan bekerjasama dengan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) Cepu untuk proses sertifikasinya. Kegiatan workshop dan sertifikasi tersebut diselenggarakan pada tanggal 18 - 22 September 2023 yang berlokasi di LEMIGAS-Jakarta dan PPSDM Migas-Cepu, dan dibuka oleh Basuki selaku Kepala Bagian Umum mewakili Kepala BBPMGB LEMIGAS.

Dalam sambutannya, Basuki menegaskan bahwa, “Sesuai SNI/ISO 17025-2017, tentang Persyaratan Umum Kompetensi Laboratorium Pengujian dan Laboratorium Kalibrasi, pengambilan perconto (sampling) merupakan langkah penting dari serangkaian kegiatan pengujian. Melalui sampling yang tepat akan diperoleh perconto yang dapat mewakili kondisi sebenarnya dari suatu produk. Hal tersebut menjadi merupakan faktor penting untuk menghasilkan pengujian yang akurat”. 

Beliau juga menambahkan bahwa, “SNI/ISO 17025-2017 mensyaratkan pentingnya  kompetensi personil sebagai salah satu indikator dari kompetensi laboratorium pengujian. Oleh karena itu, sertifikasi terhadap personil oleh Lembaga sertifikasi yang berwenang menjadi suatu keharusan”. 

Workshop diikuti oleh 14 peserta yang merupakan utusan dari PT. Fuch Lubricants Indonesia, PT. Pertamina Lubricant, PT. Nippon Oil Indonesia, PT. Nippon Oil & Energy Lubricant Indonesia, PT. Idemitsu Lube Techno Indonesia, PT. Atlas Copco Indonesia, PT. Abadi Kokoh Insani, PT. Nusaraya Putra Mandiri, PT. Balmer Lawrie Indonesia, PT. Dynamax Solid Industri, PT. Anugerah Canggih Pratama, dan PT. Castrol Indonesia.

Melalui kegiatan Workshop Peningkatan Kompetensi dan Pembekalan Petugas Pengambil Perconto (PPC) BBM, BBN dan Pelumas Workshop ini, BBBPMGB LEMIGAS bersama PPSDM Migas berupaya untuk terus berperan aktif dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia, khususnya dalam industri minyak dan gas bumi nasional. (WD)

Anda Memiliki Pertanyaan Lain Tentang LEMIGAS ?

Hubungi Kami