web statistics BLU PPPTMGB "LEMIGAS" - Kementerian ESDM RI
Rabu, 19 - 01 - 2022 Email ESDM
Workshop Penanganan, Penyimpanan Dan Pengawasan Mutu Biodiesel (B30)
administrator   Berita   Create Time: 09-11-2021

Workshop Penanganan, Penyimpanan Dan Pengawasan Mutu Biodiesel (B30)

Halo Sobat BLU PPPTMGB “LEMIGAS”

PPPTMGB “LEMIGAS” telah mengadakan Workshop Penanganan, Penyimpanan dan Pengawasan Mutu Biodiesel (B30) yang diadakan pada tanggal 3 - 5 November 2021 secara daring/online yang diikuti oleh 23 peserta dari berbagai perusahaan seperti Exxonmobil Cepu Limited, PT. Petromine Energi Trading, PT. PLN (Persero), PT. Surveyor Indonesia, PT. Wijaya Karya Rekayasa Konstruksi, PT. Berau Coal, PT. Pamapersada Nusantara, dan PT. Jhonlin Agro Raya. Acara workshop dibuka oleh Koordinator Penyelenggaraan dan Sarana Litbang, Abdul Haris, mewakili Kepala PPPTMGB “LEMIGAS”. Dalam sambutannya menyatakan bahwa workshop ini berkaitan pada Peraturan Menteri ESDM No.32 Tahun 2008 Pemerintah tentang Penyediaan, Pemanfaatan dan Tata Niaga BBN sebagai bahan bakar lain sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri ESDM No. 12 Tahun 2015 yang mengatur tentang mandatori tahapan penggunaan BBN serta Keputusan Menteri ESDM No. 227k/10/men/2019 tentang uji coba pelaksanaan campuran bahan bakar nabati jenis biodiesel B30.

Tujuan Workshop Penanganan, Penyimpanan dan Pengawasan Mutu Biodiesel (B30) ini untuk memberikan pemahaman tentang pembekalan dan keterampilan pada peserta untuk memahami spesifikasi bahan bakar biodiesel, penanganan, penyimpanan, proses pencampuran B30, dan pangawasan mutu yang dilakukan. Disamping itu pada workshop ini disampaikan pula mengenai perkembangan teknologi pembuatan/produksi biodiesel, pengembangan spesifikasi B100 ataupun B30 serta problem solving yang harus dilakukan apabila ada kendala atau masalah masalah dalam pelaksanaan di lapangan.

Pada hari pertama dan kedua, workshop menyajikan materi-materi mengenai penanganan, penyimpanan, pengawasan dan aspek lingkungan dan keselamatan kesehatan kerja dari Biodiesel (B30) yang disampaikan oleh para narasumber yang berkompeten dan professional dari PPPTMGB “LEMIGAS”, BPPT/BRIN, GAIKINDO dan PT. Surveyor Indonesia. Selanjutnya pada hari ketiga workshop, para peserta mendapatkan materi tinjauan laboratorium pada Kelompok Pelaksana Penelitian dan Pengembangan Aplikasi Produk tentang fasilitas dan sarana laboratorium secara lengkap dan jelas yang dilakukan secara online. Dengan mengikuti workshop Workshop Penanganan, Penyimpanan dan Pengawasan Mutu Biodiesel (B30) diharapkan dapat diimplementasikan di perusahaan masing-masing dalam rangka mendorong percepatan penggunaan Bahan Bakar Nabati di semua sektor antara lain sektor transportasi, industri pertambangan,dll.