web statistics BLU PPPTMGB "LEMIGAS" - Kementerian ESDM RI
Sabtu, 23 - 10 - 2021 Email ESDM
Uji Terbang Bio Avtur
administrator   Berita   Create Time: 07-10-2021

Uji Terbang Bio Avtur

Pada 6 Oktober 2021, sejarah penerbangan nasional mencatat keberhasilan penerbangan menggunakan bahan bakar nabati dengan campuran Bio Avtur 2.4% (J 2.4). Seremoni Keberhasilan Uji Terbang Pesawat CN235-220 FTB (Flying Test Bed) milik PT. Dirgantara Indonesia, menggunakan campuran bahan bakar Bio Avtur telah dilaksanakan di Hanggar 2 PT. Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk (GMF), Tangerang. Acara ini dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian secara virtual, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Menteri Perhubungan yang kali ini diwakili oleh Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama di Kemeterian terkait, Direktur Utama PT. Pertamina (Persero), Direktur Utama PT. Garuda Maintenance Facility Aero Asia, Kepala Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), Direktur Utama PT. Dirgantara Indonesia, Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB), Tim Katalis Merah Putih dan Tim Pengembangan Bahan Bakar Bio Avtur.

Dalam sambutan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Arifin Tasrif mengharapkan dukungan semua pihak dalam tahapan uji berikutnya, termasuk penyusunan roadmap untuk komersialisasi. Arifin Tasrif menambahkan bahwa industri aviation biofuel dapat terwujud apabila ada sinergi positif antara Pemerintah sebagai regulator, lembaga-lembaga penelitian, produsen bio avtur, dan para pengguna aviation biofuel dalam hal ini pihak operator penerbangan.

Secara virtual, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menyampaikan keberhasilan uji terbang bio avtur ini telah memberikan kepercayaan tinggi terhadap kemampuan kita dalam memanfaatkan sumber daya minyak sawit sebagai upaya membangun kemandirian energi nasional. Hal ini akan berdampak terhadap ketergantungan energi fosil, yang juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi.

Dalam Hal in Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi (PPPTMGB) “LEMIGAS” turut bangga karena telah terlibat aktif dalam proses kegiatan Pengujian Karakteristik Fisika-Kimia dan Pengujian Kompatibilitas Bio Avtur (J2.4) yang dilakukan di Laboratorium Bahan Bakar, Kelompok Pelaksana Penelitian dan Pengembangan (KPPP) Teknologi Aplikasi Produk. Kegiatan pengujian ini bertujuan untuk mendapatkan data teknis karakteristik melalui uji fisika kimia dan analisa FTIR dari sampel Avtur (JA-1) dan Bioavtur (J2.4), dan mendapatkan data teknis kompatibilitas material spesimen O-ring dan Plat melalui uji celup terhadap sampel Avtur (JA-1) dan Bioavtur (J2.4).

Melalui kegiatan Pengujian tersebut PPPTMGB “LEMIGAS” secara aktif turut berkontribusi dan mendukung program Pemerintah dalam rangka pencapaian target pemanfaatan energi baru terbarukan sesuai Kebijakan Energi Nasional dan Rencana Umum Energi Nasional yang ditetapkan oleh Pemerintah Republik Indonesia.