web statistics BBPMGB "LEMIGAS" - Kementerian ESDM RI
Selasa, 28 - 06 - 2022 Email ESDM
PPPTMGB “LEMIGAS” Turut Sambut Gelaran Grand Prix of Indonesia
administrator   Berita   Create Time: 23-03-2022

PPPTMGB “LEMIGAS” Turut Sambut Gelaran Grand Prix of Indonesia

Indonesia tengah menjadi penyelenggara Pertamina Grand Prix of Indonesia di Pertamina Mandalika Circuit. Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) memenuhi ambisi go internasional dengan sukses memproduksi bahan bakar minyak dan bahan dasar pelumas yang memenuhi kualitas BBM dan Pelumas Racing berstandard Internasional. Kedua produk tersebut telah lolos uji coba tahap awal untuk pengujian karakteristik dengan beberapa parameter yang telah ditetapkan.

Dalam perhelatan akbar ini, PPPTMGB “LEMIGAS” turut serta dalam melakukan pengujian karakteristik BBM dan pelumas racing yang digunakan dalam acara Grand Prix 2022 memenuhi kualitas berstandard internasional. Laboratorium Aplikasi Produk PPPTMGB “LEMIGAS” telah melakukan pengujian BBM dan pelumas untuk kendaraan jenis 650 CC dan 250 CC menunjukkan parameter Utama BBM Racing yang diproduksi PT KPI telah sesuai dengan standard FIM (Fédération Internationale de Motocyclisme) untuk Kategori 1 (MotoGP,Moto2, dan Moto3).

Hasil pengujian diantaranya menunjukkan bahwa BBM ““Racing Fuel” produksi Pertamina memiliki Octane Number tinggi (RON 100 dan MON 90). Hal ini memastikan bahan bakar dapat beroperasi pada mesin balap yang berkompresi tinggi. Parameter lain yakni pada Existent Gum yang sangat rendah, sehingga memiliki ketahanan oksidasi yang baik pada operasi mesin motor balap yang bertemperatur tinggi. BBM Racing Pertamina juga terbukti memiliki kandungan Sulfur yang rendah sebesar kurang dari 1,0 mg/kg yang memastikan tingkat emisi ramah lingkungan serta memenuhi standard terbaik Internasional.

Selain Uji Karakteristik, BBM dan Pelumas Racing, Laboratorium Aplikasi Produk telah melakukan Uji Kinerja. Dalam pengujian kinerja digunakan metode Chassis Dynamometer yang menunjukkan penggunaan bahan bakar dan pelumas racing Pertamina menunjukkan daya dan torsi maksimal yang cukup tinggi. Selain itu, pengujian juga menunjukkan AFR (Air Fuel Ratio) dibutuhkan berada pada rentang AFR optimum (12,5 - 13,0) sehingga efisiensi bahan bakar sangat optimal.

Kinerja dari Laboratorium Aplikasi Produk PPPTMGB “LEMIGAS” dalam melakukan pengujian karakteristik BBM dan pelumas dan pengujian kinerja sudah tidak diragukan lagi. Dengan didukung peralatan laboratorium yang berteknologi tinggi, tenaga analis laboratorium yang handal dan berpengalaman, serta metode yang digunakan berstandard internasional memberikan kontribusi yang besar bagi kesuksesan terselenggaranya Pertamina Grand Prix of Indonesia di Pertamina Mandalika Circuit.