web statistics BBPMGB "LEMIGAS" - Kementerian ESDM RI
Selasa, 28 - 06 - 2022 Email ESDM
Pilot Plant Biodiesel PPPTMGB LEMIGAS
administrator   Berita   Create Time: 14-04-2022

Pilot Plant Biodiesel PPPTMGB LEMIGAS

BLU PPPTMGB “LEMIGAS” memiliki fasilitas Pilot Plant Biodiesel yang berada di bawah naungan KPPPT Proses. Pilot Plant Biodiesel adalah suatu unit produksi biodiesel yang berfungsi untuk mereaksikan umpan minyak nabati seperti minyak kelapa sawit (CPO), minyak jarak pagar, minyak kelapa, minyak jelantah serta minyak nabati lainya ataupun lemak hewani yang mengandung struktur trigliserida dengan suatu alkohol yang menggunakan bantuan katalis basa atau asam menjadi biodiesel kualitas standar.

Pilot plant ini dirancang untuk beroperasi 24 jam dengan kapasitas produksi per hari sebesar 8 – 10 ton basis bahan baku. Ditinjau secara keseluruhan, unit-unit yang ada di area pilot plant ini, meliputi:

  • Unit Esterifikasi dan Trans-esterifikasi
  • Unit tangki penerima crude CPO serta minyak jarak atau minyak jelantah
  • Unit tangki produk biodiesel
  • Laboratorium, “control room
  • IPAL (Instalasi Pengolah Air Limbah)
  • Utilitas.

Untuk kelancaran dan kenyamanan operasional dilengkapi pula dengan fasilitas ruang kantor, mushola, tempat parkir kendaraan umum, pintu keluar/masuk truk bahan baku dan produk, toilet dan taman.

Teknologi yang diaplikasikan dalam unit produksi biodiesel ini meliputi lima tahapan proses yaitu tahap preparasi bahan baku dan katalis, reaksi baik esterifikasi maupun transesterifikasi, pemurnian produk biodiesel dan gliserol serta recovery methanol sebagai bahan yang bisa digunakan kembali (recycle).