web statistics BBPMGB "LEMIGAS" - Kementerian ESDM RI
Selasa, 28 - 06 - 2022 Email ESDM
Pengujian Bahan Bakar & Aviasi
administrator   Berita   Create Time: 30-03-2022

Pengujian Bahan Bakar & Aviasi

Tak hanya di sektor hulu migas, PPPTMGB “LEMIGAS” juga turut berkiprah pada sektor hilir migas, diantaranya melakukan pengujian bahan bakar minyak, nabati dan aviasi. Kegiatan pengujian bahan bakar dan aviasi dilakukan oleh Kelompok Bahan Bakar dan Aviasi (BBA), KP3T Aplikasi Produk. Kelompok Bahan Bakar dan Aviasi menjalankan tugas pokok dan fungsi untuk melakukan pengembangan bahan bakar, pengujian laboratorium, pengujian pada engine test bench, road test dan perumusan rekomendasi teknis.

Kegiatan pengembangan bahan bakar diantaranya melakukan diversifikasi energi antara lain Biodiesel/FAME, Bioavtur, Bioethanol, Gasoline-Methanol-Ethanol (GME) dan Dimethyl Ether (DME). Kelompok BBA telah melakukan penelitian New/Green Technology dengan co-processing dan hydrotreating, serta pengujian berbagai aditif pada bahan bakar bahan bakar.

Kelompok BBA memiliki fasilitas Laboratorium Pengujian Karakteristik Bahan Bakar dan Laboratorium Uji Kinerja Bahan Bakar pada Chassis Dynamometer dan Engine Test Bench. Pada Laboratorium Karakteristik Bahan Bakar melakukan uji sifat fisika-kimia Bahan Bakar Minyak (BBM), Bahan Bakar Nabati (BBN) dan Bahan Bakar Aviasi. Pada Laboratorium Unjuk Kerja Bahan Bakar dalam melakukan pengujian simulasi/unjuk kerja pada Chassis Dynamometer dan Engine Test Bench dan pengujian kualitas penyalaan menggunakan CFR Engine. Serta pengujian pendukung lainnya seperti uji stabilitas dan penyimpanan, uji kompatibilitas material, uji filter, uji kinerja kompor.

Disamping pengujian laboratorium, Kelompok BBA juga dapat melakukan pengujian engine test bench dengan menguji performance, emisi gas buang, durability 1000 jam, combustion deposit, dan uji engine component rating. Serta road test yang mengkomplementasikan hasil uji test bench. Road test tersebut mewakili kondisi sesuangguhnya perjalanan dan kondisi maintenance unit, berikut dengan sarana sosialisasi.

Kelompok BBA pula melakukan perumusan rekomendasi teknis dengan melakukan hilirisasi produk sebagai cara untuk mendekatkan hasil riset dan inovasi kepada penggunanya dalam hal ini adalah masyarakat. Serta memberikan masukan kepada kebijakan pemerintah.