web statistics BLU PPPTMGB "LEMIGAS" - Kementerian ESDM RI
Kamis, 02 - 12 - 2021 Email ESDM
Pelatihan Pemadaman Api Dengan Apar, Karung Basah, serta Latihan Evakuasi Tanggap Darurat di Mess LEMIGAS Bogor
administrator   Berita   Create Time: 15-10-2021

Pelatihan Pemadaman Api Dengan Apar, Karung Basah, serta Latihan Evakuasi Tanggap Darurat di Mess LEMIGAS Bogor

Guna meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dalam pemadapan api dengan skala api kecil sampai sedang untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran, Komite Lingkungan, Keselamatan,dan Kesehatan Kerja (LK3) mengadakan Pelatihan Pemadaman Api dengan APAR, Karung Basah, serta Latihan Evakuasi Tanggap Darurat Gedung Bertingkat pada tanggal 11 Oktober 2021 di Wisma LEMIGAS Tugu, Bogor, yang dihadiri oleh 32 orang terdiri dari perwakilan dari Bidang Tata Usaha (personel Wisma Tugu, Urusan Pemeliharaan dan Urusan Fasilitas Kantor), Bidang Afiliasi dan Informasi, dan Komite LK3, serta perwakilan Penanggung Jawab Unit LK3 pada Bidang dan KP3.

Acara pelatihan ini dibuka oleh Koordinator Tata Usaha yang diwakilkan oleh Subkoordinator Umum dan Kepegawaian, Marzuki Soelistijono. Dalam sambutannya mengharapkan pelatihan ini dapat dilakukan secara berkala sejalan dengan pengecekan APAR agar dapat digunakan saat darurat bencana kebakaran.
Pelatihan ini dilakukan dengan penyampaian teori dasar api yang disampaikan oleh Suyitno - Koordinator Komite LK3, dan dilanjutkan dengan praktek yang dilaksanakan di halaman parkiran Wisma LEMIGAS, dibarengi dengan latihan evakuasi tanggap darurat yang tujuannya memberikan pengetahuan dan kemampuan dalam penanganan bencana kebakaran dini bagi pekerja pada Wisma LEMIGAS khususnya dan perwakilan Penanggung Jawab Unit LK3 pada Bidang dan KP3. Simulasi evakuasi tanggap darurat di lakukan dengan skenario terjadi kebakaran di bagian belakang gedung Daya yang bersumber dari dapur saat rapat. Seluruh peserta rapat mengginggalkan ruangan melalui tangga darurat dan berkumpul di titik kumpul.

Saat Pelatihan Evakuasi Tanggap darurat, sirine dibunyikan pada pukul 14.00. Seluruh peserta rapat secara sigap keluar dari ruang rapat mengikuti arahan Koordinator Komite LK3. Hanya membutuhkan 1 menit 16 detik untuk mencapai titik kumpul dengan skenario 1 orang cidera berhasil diselamatkan dengan tandu dan telah tertanganani oleh Tim Medis LEMIGAS.

LK3 LEMIGAS siap mendukung kemajuan PPPTMGB “LEMIGAS” dengan memiliki personil yang tanggap akan keadaan darurat bencana kebakaran.