web statistics BLU PPPTMGB "LEMIGAS" - Kementerian ESDM RI
Sabtu, 23 - 10 - 2021 Email ESDM
Konvensi dan Pameran Indonesian Petroleum Association (IPA) ke-45 Tahun 2021
administrator   Berita   Create Time: 03-09-2021

Konvensi dan Pameran Indonesian Petroleum Association (IPA) ke-45 Tahun 2021

Indonesian Petroleum Association (IPA) secara virtual menyelenggarakan The 45th IPA Convention and Exhibition (Convex) 2021 yang mengusung tema “Realizing Indonesia’s Energy Vision Post Pandemic” yang menekankan visi energi Indonesia di masa depan. Presiden Indonesian Petroleum Association (IPA), Gary Selbie, mengatakan transisi energi menjadi hal yang tak bisa dihindari oleh perusahaan migas di seluruh dunia. Kesepakatan Paris tentang target pengurangan emisi karbon disadari telah membuat pelaku industri hulu migas berupaya keras untuk dapat mengurangi emisi karbon yang dihasilkan dari kegiatannya. “IPA menyadari bahwa kebijakan ini harus dapat berjalan bersama dengan target produksi migas yang sudah ditetapkan Pemerintah,” ujarnya.

Pada tahun ini IPA Convex mengadakan diskusi eksklusif yang menghadirkan tiga orang menteri terkait dengan industri hulu migas di Indonesia. Ketiga menteri tersebut adalah Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Menteri Keuangan, dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Adapun topik diskusinya berjudul “The New Landscape of Oil and Gas Investment in Indonesia”.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) turut berpartisipasi dalam acara The 45th IPA Convex 2021 pada tanggal 2-3 September 2021 dan dibuka oleh Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama KESDM, Bapak Agung Pribadi. Acara Webminar ini menyajikan 3 narasumber pada hari pertama dan 3 narasumber pada hari kedua dari Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi, PPPTMGB “LEMIGAS”, PEM Akamigas, PPSDM Migas dan BPH Migas.

Pada Webminar KESDM ini, Prof. Dr Ir. Bambang Widarsono, M.Sc., Peneliti Utama PPPTMGB “LEMIGAS” menyajikan presentasi pada tanggal 2 September 2021 dengan judul Shale Hydrocarbon: Visi Bagi Kontribusinya Pada Produksi Migas Nasional. Presentasi dari PPPTMGB “LEMIGAS” mendapat tanggapan yang antusias dari audensi. Pertanyaan dan tanggapan dijawab dengan jelas dan tajam oleh Prof. Dr. Ir. Bambang Widarsono, M.Sc.

Bersamaan dengan Webminar, KESDM juga menyiapkan acara pameran virtual dengan menghadirkan booth pameran dari berbagai Institusi di lingkungan KESDM. The 45th IPA Convex 2021 diharapkan dapat menjawab tantangan perkembangan di dunia migas pada masa pandemi.