web statistics BLU PPPTMGB "LEMIGAS" - Kementerian ESDM RI
Sabtu, 23 - 10 - 2021 Email ESDM
Konsultasi Publik Pembangunan Jaringan Gas Bumi untuk Rumah Tangga melalui Skema KPBU di Kabupaten Sidoarjo
administrator   Berita   Create Time: 27-09-2021

Konsultasi Publik Pembangunan Jaringan Gas Bumi untuk Rumah Tangga melalui Skema KPBU di Kabupaten Sidoarjo

Pada hari Kamis tanggal 23 September 2021 bertempat di Aston Sidoarjo City Hotel & Conference Center, telah dilaksanakan Konsultasi Publik Pembangunan Jaringan Gas Bumi untuk Rumah Tangga melalui Skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) di Kabupaten Sidoarjo.

Konsultasi Publik dilakukan untuk mendiskusikan penjelasan dan penjabaran terkait dengan rencana KPBU, sehingga diperoleh hasil penerimaan tanggapan dan/atau masukan dari pemangku kepentingan yang menghadiri Konsultasi Publik dan evaluasi terhadap hasil yang didapat dari Konsultasi Publik dan implementasinya dalam KPBU.
Konsultasi Publik dilaksanakan mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2015 tentang Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha dalam Penyediaan Infrastruktur dan Peraturan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Nomor 4 Tahun 2015 sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Nomor 2 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Nomor 4 Tahun 2015 tentang Tata Cara Pelaksanaan Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha dalam Penyediaan Infrastuktur.

Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) dalam Penyediaan Infrastruktur untuk kepentingan umum, mengacu pada spesifikasi yang ditetapkan oleh Menteri/Kepala Lembaga/Kepala Daerah/Badan Usaha Milik Negara/Badan Usaha Milik Daerah yang sebagian atau seluruhnya menggunakan sumber daya Badan Usaha dengan memperhatikan pembagian risiko antar para pihak.

Konsultasi Publik merupakan interaksi dengan masyarakat termasuk pemangku kepentingan untuk meningkatkan transparansi, efisiensi, akuntabilitas dan efektivitas KPBU. Informasi tersebut disampaikan kepada para undangan mengenai rencana Pembangunan Jaringan Gas Bumi untuk Rumah Tangga dengan Skema KPBU di Kabupaten Sidoarjo yang didasarkan pada hasil Studi Pendahuluan yang sudah dilaksanakan.

Hasil Studi Pendahuluan memberikan gambaran kajian kelayakan teknis dan ekonomi, membahas skema pembiayaan terbaik dan perlunya penyediaan infrastruktur jaringan gas bumi untuk rumah tangga di Kabupaten Sidoarjo, serta manfaatnya bila dikerjasamakan dengan Badan Usaha.