web statistics BLU PPPTMGB "LEMIGAS" - Kementerian ESDM RI
Sabtu, 23 - 10 - 2021 Email ESDM
Kick Off Meeting Uji Profisiensi Laboratorium Bbm, Crude Oil, Pelumas, Gas Bumi Dan Kalibrasi Tahun 2021
administrator   Berita   Create Time: 19-08-2021

Kick Off Meeting Uji Profisiensi Laboratorium Bbm, Crude Oil, Pelumas, Gas Bumi Dan Kalibrasi Tahun 2021

Rabu, 18 Agustus 2021, PPPTMGB “LEMIGAS” sebagai Penyelenggara Uji Profisiensi telah mengadakan Kick Off Meeting Uji Profisiensi Laboratorium Bahan Bakar Minyak, Crude Oil, Pelumas, Gas Bumi dan Kalibrasi tahun 2021. Kick off Meeting tahun ini dilaksanakan secara virtual. Adapun ketentuan mengenai Uji Profisiensi tertuang dalam ISO/IEC17025:2017, dimana setiap laboratorium diwajibkan mempunyai program pengendalian mutu untuk validitas pengujiannya, diantaranya dengan cara mengikuti kegiatan uji profisiensi. Uji Profisiensi kali ini diikuti oleh 87 perusahaan dengan klasifikasi komoditi sebagai berikut:

  1. Komoditi BBM & Crude Oil sebanyak 32 perusahaan
  2. Komoditi Pelumas sebanyak 46 perusahaan
  3. Komoditi Gas sebanyak 23 perusahaan
  4. Komoditi Kalibrasi sebanyak 14 perusahaan

Tujuan dari pelaksanaan Uji Profisiensi yaitu mengevaluasi kinerja laboratorium, memberikan tambahan jaminan kepercayaan kepada klien, dan membantu pemerintah dalam pengawasan mutu BBM, pelumas, dan gas bumi sebelum dan sesudah beredar di pasar.

Pelaksanaan Uji Profiensi sudah dimulai pada tanggal 22 Maret 2021 dengan diawali dengan tahapan pendaftaran, kemudian dilanjutkan dengan Kick off Meeting, pendistribusian sampel ke masing-masing laboratorium peserta, pengujian sample dan penerimaan data hasil uji dari laboratorium peserta, dan diakhiri dengan Temu Karya Uji Profisiensi.

Rangkaian kegiatan Uji Profisiensi akan ditutup dengan Temu Karya dengan agenda acara pelaporan hasil uji profisiensi pada masing-masing laboratorium peserta yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 16 - 17 November 2021.