web statistics BLU PPPTMGB "LEMIGAS" - Kementerian ESDM RI
Rabu, 25 - 05 - 2022 Email ESDM
Kerja Sama Antara PPPTMGB “LEMIGAS” dan Japan Petroleum Exploration (JAPEX) Mengenai Studi Carbon Capture, Utilization & Storage (CCUS) Lapangan Sukowati
administrator   Berita   Create Time: 07-01-2022

Kerja Sama Antara PPPTMGB “LEMIGAS” dan Japan Petroleum Exploration (JAPEX) Mengenai Studi Carbon Capture, Utilization & Storage (CCUS) Lapangan Sukowati

PPPTMGB “LEMIGAS” sebagai institusi penelitian dan pengembangan teknologi minyak dan gas bumi yang berkiprah di industri migas Indonesia, mengembangan kegiatan kelitbangannya dengan bekerja sama dengan berbagai pihak baik dalam negeri, maupun luar negeri. Hal ini dibukti dengan telah terjalinnya kerja sama dengan Japan Petroleum Exploration (JAPEX).

Studi Joint Credit Mechanism (JCM) CCUS-EOR antara PPPTMGB “LEMIGAS” dan Japan Petroleum Exploration (JAPEX) sudah berlangsung sejak 2019 dimana METI sebagai pihak pendana dari studi yang bertujuan untuk dapat mengurangi emisi CO2 sebagai pemenuhan target NDC Indonesia berdasarkan Paris Agreement pada COP21 sebesar 41% pada tahun 2030 dengan bantuan pihak asing menggunakan skema Joint Credit Mechanism (JCM) dari Jepang. Pada tahun 2021 ini dimulai sejak ditandatanganinya Service Aggreement pada 16 Juli 2021 antara PPPTMGB “”LEMIGAS” dan JAPEX, fokus studi yang dilakukan adalah melakukan perhitungan pengurangan net emisi CO2 menggunakan skema recycling CO2 di Sukowati, perhitungan CO2 storage capacity di Lapangan Sukowati dan sekitarnya, studi simulasi geomekanika pada lapisan caprock di Sukowati, penyusunan dan finalisasi draft Metodologi JCM untuk kegiatan CCUS, analisis well integrity untuk implementasi CCUS Sukowati, studi terkait public outreach dan UKL/UPL untuk studi skala pilot, serta skema bisnis dan keekonomian untuk proyek JCM CCUS Sukowati.
Kerjasama antara PPPTMGB “LEMIGAS”, JAPEX dan PT. Pertamina untuk Studi JCM CCUS Sukowati ini ditandai dengan ditandatanganinya Perjanjian Kerja Sama tentang Studi Carbon Capture, Utilization & Storage (CCUS) Lapangan Sukowati antara PT Pertamina Power Indonesia, PPPTMGB “LEMIGAS” dan JAPEX pada 18 Juni 2021. Dengan adanya Perjanjian Kerja Sama ini, para pihak yang terlibat memiliki komitmen untuk turut serta secara aktif untuk dapat merealisasikan implementasi injeksi CO2 skala pilot di Sukowati pada tahun 2026 dan secara komersial pada tahun 2030 sesuai dengan timeline.