web statistics BLU PPPTMGB "LEMIGAS" - Kementerian ESDM RI
Rabu, 25 - 05 - 2022 Email ESDM
Kerja Sama antara PPPTMG “LEMIGAS” dan Mitsubishi Corporation
administrator   Berita   Create Time: 18-01-2022

Kerja Sama antara PPPTMG “LEMIGAS” dan Mitsubishi Corporation

Dalam rangka mendukung target net zero emission yang telah ditetapkan Pemerintah Republik Indonesia pada tahun 2060 mendatang, PPPTMGB “LEMIGAS” bekerja sama dengan Mitsubishi Corp. Kantor Perwakilan Indonesia mengadakan Studi Kelayakan Co-Combustion Amonia pada PLTU Batubara. Joint Study ini bertujuan untuk memberikan penilaian secara teknis dan ekonomis terhadap implementasi co-combustion ammonia tersebut. Amonia didorong untuk menjadi bentuk bahan bakar baru bebas karbon dan sekaligus sebagai hydrogen carrier. Studi bersama ini merupakan bagian dari pengembangan rantai nilai energi hidrogen di Indonesia.

PLTU Batubara merupakan sumber emisi karbon yang cukup dominan di sektor listrik, sehinga direncanakan untuk ditutup secara bertahap dan akan ditiadakan sebelum tahun 2060. Substitusi umpan batubara dengan ammonia diharapkan dapat mengurangi emisi sehingga usia pakai PLTU batubara dapat diperpanjang.

Pada studi ini, PPPTMG “LEMIGAS” bersama dengan Tekmira dan P3TKEBT berperan aktif dalam menginventarisir dan menganalisis gas alam dan batubara untuk bahan baku Amonia, mengumpulkan data dan analisis Carbon Capture and Storage (CCS), Enhanced Oil Recovery (EOR), melakukan kajian EBT khususnya co-firing biomassa sebagai pembanding, melakukan pemilihan lokasi yang tepat untuk pabrik amonia pensuplai PLTU, melakukan penilaian dari sisi lingkungan, hingga menilai kelayakan serta menganalisa kebijakan serta insentif yang memungkinkan co-combustion ammonia menjadi layak untuk diimplementasikan.