web statistics BBPMGB "LEMIGAS" - Kementerian ESDM RI
Senin, 03 - 10 - 2022 Email ESDM
Focus Group Discussion Pembahasan Kajian Tangki Timbun sebagai Sarana Penyimpanan FAME di Titik Serah
administrator   Berita   Create Time: 29-07-2022

Focus Group Discussion Pembahasan Kajian Tangki Timbun sebagai Sarana Penyimpanan FAME di Titik Serah

Balai Besar Pengujian Minyak dan Gas Bumi (BBPMGB) LEMIGAS di bawah Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengadakan kegiatan focus group discussion pada Rabu (20/7) hingga Jumat (22/7) di Ruang Rapat Swiss-Belhotel International Bogor.

Kegiatan diskusi diadakan dalam rangka penyampaian hasil kajian tangki timbun sebagai sarana penyimpanan Fatty Acid Methyl Ester (FAME) di titik serah.

Dibuka oleh Edi selaku Direktur Bioenergi Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan, Konservasi, dan Energi (Ditjen EBTKE), diskusi tersebut melibatkan beberapa tenaga ahli di antaranya tim dari jurusan Teknik Industri Universitas Indonesia (UI), Ari Rachmadi dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), serta Umar Said.

Kegiatan diskusi juga turut dihadiri oleh beberapa stakeholder seperti Evita selaku Ketua Dewan Pengawas Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) beserta jajarannya, perwakilan dari Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (APROBI), PT. Pertamina Patra Niaga, PT. Baria Bulk Terminal, PT. Exxon Mobil Lubricant Indonesia, PT. AKR Corporindo Tbk, PT. Petro Andalan Nusantara, segenap pegawai dari Direktorat Jenderal EBTKE serta BBPMGB LEMIGAS.

Sebelum kegiatan diskusi dimulai, Wanda Ali Akbar selaku Ketua Peneliti menyampaikan paparan terkait distribusi FAME beserta problematika yang dihadapi. Paparan ini menjadi pembuka sekaligus dasar dari beberapa hal yang perlu dibahas bersama saat sesi diskusi selanjutnya.

Dimoderatori oleh Arie Rahmadi, kegiatan diskusi membahas beberapa hal seperti konfirmasi terhadap asumsi yang dipakai dalam perhitungan. Adapun faktor, parameter, dukungan kebijakan, serta perbedaan yang terjadi pada masing-masing opsi yang ditawarkan. (WP)