web statistics BBPMGB "LEMIGAS" - Kementerian ESDM RI
Senin, 28 - 11 - 2022 Email ESDM
FGD STUDI VERIFIKASI DAN EVALUASI DISKREPANSI VOLUME PRODUKSI MINYAK BUMI DI WEST AREA
administrator   Berita   Create Time: 26-09-2022

FGD STUDI VERIFIKASI DAN EVALUASI DISKREPANSI VOLUME PRODUKSI MINYAK BUMI DI WEST AREA

Tanggal 13-14 September 2022 diadakan FGD STUDI VERIFIKASI DAN EVALUASI DISKREPANSI VOLUME PRODUKSI MINYAK BUMI DI WEST AREA.

Pada sistem custody transfer, minyak mentah/kondensat yang diproduksi dari lapangan dikumpulkan pada beberapa gathering station (GS) atau Stasiun Pengumpul (SP), kemudian diserahkan menuju suatu terminal penyimpanan akhir, siap untuk dijual atau diserahkan ke tempat lain. Minyak Bumi West Area berasal dari masing-masing lapangan di area Petapahan, Suram dan Kotabatak dialirkan oleh PT. Pertamina Hulu Rokan (PHR), Osam, Kasikan dan Terantam dialirkan oleh PT.Bumi Siak Pusako (BSP), Langgak dialirkan oleh PT. SPR Langgak (SPRL), Lindai dialirkan oleh PT. Pertamina Hulu Energi Siak (PHE Siak), dan Texcal dialirkan oleh PT. Texcal Mahato EPFZCO melalui jaringan pemipaan yang segmennya dioperasikan oleh PHR, untuk kemudian dialirkan ke Terminal Dumai.

Volume minyak bumi yang mengalir dari Gathering Station (GS) dan masuk ke pipa penyalur diukur menggunakan fasilitas flow meter.

Studi ini bertujuan untuk:

  1. Mendapatkan dan menganalisis penyebab perubahan volume diskrepansi produksi West Area secara teknis dan kuantifikasi volume diskrepansi produksi
  2. Mendapatkan basis volume diskrepansi produksi West Area berdasarkan kondisi operasional saat ini,
  3. Memberikan rekomendasi atau usulan bagi process improvement mencakup sistem alat ukur, laboratorium, proses sampling dan analisa minyak bumi, kompetensi personil, dan prosedur penyaluran minyak bumi, untuk semua fasilitas yang dioperasikan oleh para shipper di West Area

FGD Tanggal 13 September dihadiri oleh LEMIGAS dan Local support dari Universitas Islam Riau (UIR). Kegiatan dibuka oleh Koordinator KP3 Teknologi Proses, Bapak Anda Lucia. Pada hari itu, LEMIGAS memberikan pengarahan kepada local support dalam membantu tim LEMIGAS dalam hal teknis di lapangan.

Tanggal 14 dihadiri oleh SKK Migas, LEMIGAS, PT. Pertamina Hulu Rokan (PHR), PT.Bumi Siak Pusako, PT SPR Langgak , PT. Pertamina Hulu Energy Siak (PHE Siak), dan PT. Texcal Mahato EP FZCO.

Kegiatan dibuka oleh Koordinator KP3 Teknologi Proses, Bapak Anda Lucia dan SKK Migas Bapak Misbachul Munir