web statistics BLU PPPTMGB "LEMIGAS" - Kementerian ESDM RI
Sabtu, 23 - 10 - 2021 Email ESDM
Focused Group Discussion (FGD) On Ammonia Co-Combustion Into Coal Power Plant
administrator   Berita   Create Time: 24-08-2021

Focused Group Discussion (FGD) On Ammonia Co-Combustion Into Coal Power Plant

Kamis 19 Agustus 2021, PPPTMGB “LEMIGAS” mengadakan acara Focused Group Discussion (FGD) on Ammonia Co-Combustion into Coal Power Plant secara virtual. Acara dibuka oleh Kepala Pusat “LEMIGAS”, Setyorini Tri Hutami. FGD ini merupakan salah satu kegiatan dari Studi Kelayakan Ammonia Co-Combustion hasil kerja sama PPPTMG “LEMIGAS” dan Mitsubishi Corporation yang telah ditandatangani pada tanggal 1 Juli 2021.

Selanjutnya agenda FGD yaitu menyimak informasi dan sudut pandang dari berbagai sektor yang terlibat dalam kegiatan ammonia dan hidrogen dengan menghadirkan para narasumber dari SKK Migas, Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, PT. PLN (Persero), Mitsubishi Corporation dan PT. Rekayasa Industri.

Narasumber dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menyampaikan Informasi Strategi dan Kebijakan Pemerintah Republik Indonesia untuk mencapai target Net Zero Emission pada tahun 2060, serta berbagai usaha yang dilakukan dalam mengembangkan teknologi energi baru terbarukan. Pemerintah masih membuka kesempatan untuk ternologi terbaru termasuk diantaranya teknologi Ammonia Co-combustion.

Kesempatan ini juga Mitstubishi Corporation menyampaikan Success Story tentang pengembangan CCUS yang menjadikannya pemimpin dalam penyedia teknologi CCUS. Pengembangan teknologi CCUS yang lebih murah dan terjangkau menjadi perhatian Mitsubishi pada kondisi sekarang ini karena kemungkinan pengembangan ammonia power plant dari gas bumi sangat besar mengingat cadangan gas bumi di Indonesia cukup besar. Batu bara dan gas bumi dapat dimanfaatkan untuk ammonia power plant. Dalam masa peralihan dalam penggunaan energi baru terbarukan, inisiatif pemanfaatan amonia dan hidrogen sedang digaungkan. Melihat sisi aspek teknologi ammonia power plant yang cukup menjanjikan.

Langkah selanjutkan PPPTMGB “LEMIGAS” akan menganalisa data yang telah terkumpul untuk memberikan masukan perhitungan secara teknik dan keekonomian pada Ammonia Co-Combustion into Coal Power Plant.