web statistics BBPMGB "LEMIGAS" - Kementerian ESDM RI
Minggu, 02 - 10 - 2022 Email ESDM
FGD KAJIAN KELAYAKAN TANGKI TIMBUN SEBAGAI SARANA PENYIMPANAN FAME DI TITIK SERAH
administrator   Berita   Create Time: 15-09-2022

FGD KAJIAN KELAYAKAN TANGKI TIMBUN SEBAGAI SARANA PENYIMPANAN FAME DI TITIK SERAH

Rabu, 14 September 2022, LEMIGAS menyelenggarakan FGD Kajian Kelayakan Tangki Timbun Sebagai Sarana Penyimpanan FAME di Titik Serah yang dibuka oleh Direktur Bioenergi, Direktorat Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), Edi Wibowo. Dalam sambutan Direktur Bioenergi menyampaikan bahwa ada peningkatan penyaluran biodiesel dari alokasi yang ditetapkan untuk tahun 2022 ini. FGD kali ini turut dihadiri oleh para undangan dari Direktorat EBTKE, BPDPKS, UI, APROBI, BU BBM, BU BBN dan para pemangku kepentingan lainnya.

Kajian ini bertujuan untuk melakukan efisiensi biaya melalui optimasi terhadap lokasi titik serah FAME oleh BLU BBN kepada BU BBM dengan indikator volume, jarak dan biaya. Serta Menghitung kebutuhan dan penambahan volume tangki FAME serta sarana fasilitas di titik serah.

Dalam penyampaian hasil kajian Optimasi Distribusi, Tim Kajian menyampaikan hasil optimasi terbaik yang menunjukan biaya distribusi FAME terendah adalah perhitungan optimasi dengan pendekatan point to point dengan potensi penghematan mencapai 23% dari biaya yang dikeluarkan jika menggunakan rute yang sudah ada. Tim Kajian telah menghitung kebutuhan tambahan kapasitas tangki timbun, menganalisa kelayakan teknis dan keekonomian kegiatan penyimpanan FAME dan meninjau aspek legal pengembangan tangki timbun.

Diskusi berjalan dengan sangat hangat seputar efisiensi biaya yang akan dicapai untuk investasi pembuatan tangki timbun dengan mempertimbangkan perbaikan pola suplai dan ketahanan pasokan FAME nasional.

Acara FGD ditutup Direktur Bioenergi yang diwakili oleh Bapak Herbert dan foto bersama dengan para peserta yang hadir.