web statistics BBPMGB "LEMIGAS" - Kementerian ESDM RI
Selasa, 28 - 06 - 2022 Email ESDM
BBPMGB “LEMIGAS” Turut Mensukseskan CCUS Menuju Kebijakan Transition To Net-Zero Emission
administrator   Berita   Create Time: 19-05-2022

BBPMGB “LEMIGAS” Turut Mensukseskan CCUS Menuju Kebijakan Transition To Net-Zero Emission

International Energi Agency (IEA) menempatkan teknologi Carbon Capture Utilization and Storage (CCUS) bersama dengan elektrifikasi dan energi terbarukan sebagai opsi teknologi utama untuk mewujudkan dunia menuju net-zero emissions. Kontribusi CCUS dalam pengurangan emisi CO2 kumulatif pada sektor energi ditargetkan sekitar 15%. IEA menyebutkan pula bahwa hanya teknologi CCUS yang dapat mengatasi emisi dari aset eksisting ini dengan retrofit aset-aset tersebut dengan fasilitas penangkapan CO2 dan menginjeksikannya ke dalam formasi geologi.

Di penjuru dunia terdapat 21 fasilitas CCUS dimana didominasi pada sektor migas untuk kegiatan CO2 EOR. BBPMGB LEMIGAS ikut berperan aktif dalam menyiapkan pilot proyek CCUS sejak tahun 2003 hingga saat ini. Dalam perjalanan panjang studi CCUS, BBPMGB LEMIGAS turut menggandeng beberapa mitra kerja dari dalam dan luar negeri seperti Pertamina EP, ITB, Mitsubishi, Shell, Total, Japex, dan ADB.

Saat ini, BBPMGB LEMIGAS bersama dengan Pertamina URTI dan Japex sedang menyiapkan pilot proyek CCUS di lapangan Sukowati. Kegiatan studi ini meliputi kegiatan mendesain CCUS CO2 EOR skala pilot dan komersial di lapangan Sukowati, desain transportasi supercritical pipeline CO2 untuk pilot dan field-scale CCUS, studi Public Outreach untuk CCUS-EOR dan melakukan penilaian resiko dan integritas geologi dan menyiapkan pilot proyek pada formasi caprock lapangan Sukowati.

BBPMGB LEMIGAS terus melakukan inovasi untuk mendukung terwujudnya net-zero emissions, menjadikan bumi lebih bersih dan sehat.