Kementerian ESDM Raih Penghargaan Pelayanan Informasi Melalui Internet Terbaik 2017

Senin, 27 Nopember 2017     10:17:08     superadmin     Umum     51x dilihat
Sebarkan:

Kementerian ESDM Raih Penghargaan Pelayanan Informasi Melalui Internet Terbaik 2017

PALEMBANG - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berhasil meraih predikat Terbaik I kategori Pelayanan Informasi Publik Melalui Internet (Website) di Ajang Anugerah Media Humas (AMH) 2017 yang diselenggarakan di Palembang, Kamis malam (23/11).

Penghargaan ini berhasil mengalahkan sekitar kurang lebih 176 total instansi peserta Kementerian/Lembaga, BUMN, dan PTN yang mengirimkan produk-produk kehumasannya pada ajang AMH tahun ini. Pada kategori pelayanan informasi melalui internet, Terbaik II diraih oleh Kementerian Ristek dan Dikti (Kemenristekdikti), sementara Terbaik III jatuh kepada Kementerian Keuangan.

"Dengan kemenangan ini membuktikan website ESDM sudah informatif dengan memberikan informasi yang terkini, mobile friendly, dan dengan tampilan yang menarik", ungkap Pelaksana Harian (Plh) Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM, Agus Cahyono Adi, saat ditemui usai menerima penghargaan.

Tampilan Website Kementerian ESDM sudah melakukan transformasi baik berupa visual maupun konten sejak Februari 2017. Perubahan penampilan website juga telah disinergikan dengan warna identitas Kementerian ESDM. Selain tampilan, informasi yang ditampilkan baik berupa data, berita, siaran pers, dan berbagai jenis dokumentasi juga dapat menjadi referensi para stakeholder sektor ESDM.

Ajang AMH merupakan acara rutin para insan kehumasan Pemerintah yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika sebagai bentuk apresiasi atas kinerja insan humas di Indonesia.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Niken Widyastuti, mengungkapkan AMH 2017 adalah pelaksanaan ke-12 sejak dilaksanakan tahun 2006. "Pelaksanaan AMH tahun ini meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya, antusiasmenya patut diacungi jempol, menandakan informasi dan komunikasi publik menjadi agenda penting dari humas pemerintah," ungkap Niken.

Pada ajang AMH 2017 ini, Kementerian ESDM juga mengikuti Pameran Humas dan Layanan Informasi Publik sebagai rangkaian AMH 2017. Tema yang diangkat tahun ini adalah Rumah Pelayanan Publik yang bertujuan sebagai tempat pengunjung bertanya tentang semua hal mengenai sektor ESDM. Hal ini sejalan dengan Instruksi Presiden (Inpres) No 9 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Komunikasi Publik.

"Humas pemerintah seyogyanya melakukan edukasi, dapat meng-counter berita negatif, serta tanggap dan responsif karena pemberitaan saat ini dapat berasal dari mana saja," tutup Niken. (DEP)

Sumber: Kementerian ESDM

Tags: