» Berita/Kegiatan - BERITA » Teknologi » KAJIAN AKADEMIS ORGANISASI LEMIGAS

Rabu, 27 Juli 2011 - 09:17:51 WIB
KAJIAN AKADEMIS ORGANISASI LEMIGAS
Diposting oleh : Administrator, Kategori: Teknologi - Dibaca: 389 kali

Sehubungan dengan visi LEMIGAS sebagai suatu lembaga litbang yang unggul, profesional dan bertaraf internasional di bidang minyak dan gas bumi. Kapus LEMIGAS Dr. Hadi Purnomo,M.Sc.DIC beserta jajaran Manajemen LEMIGAS menerima 10 (sepuluh) orang tim analisis Universitas Indonesia Jakarta, di gedung penunjangan LEMIGAS Jakarta pada tanggal 20 Pebruari 2009. yang dihadiri pula oleh sejumlah kepala bidang dan KPRT.

 

Dalam sambutannya Kapus mengatakan, tujuan acara ini merupakan salah satu titik simpul penting pada proses persiapan kita dalam upaya untuk menerapkan sistem pola pengelolaan keuangan badan layanan umum (PPK BLU). Lebih lanjut dari 4 (empat) jenis dokumen yang dipersyaratkan administratif, salah satunya berupa dokumen pola tata kelola (PTK) yang memuat struktur organisasi yang bisa berbeda dengan organisasi yang ada saat ini guna menjamin naiknya produktivitas dan meningkatnya kinerja instansi.

 

Guna menjamin objektivitas hasil kerjaan, kita telah bekerjasama dengan pusat kajian usaha UI untuk melaksanakan suatu kajian ilmiah yang diberi judul “Naskah Akademis Perubahan Organisasi LEMIGAS”. Sesuai dengan maksud dan tujuan kajian ”Naskah Akademis Perubahan Organisasi LEMIGAS” maka diharapkan pihak pusat kajian pesaingan usaha Universitas Indonesia dalam seminar ini dapat menyampaikan:

1. Temuan faktor-faktor yang mendukung maupun menghambat dan keuntungan dengan dilakukanya reorganisasi LEMIGAS.

2. Memberikan rekomendasi mengenai bentuk organisasi yang tepat bagi LEMIGAS apabila kita telah mendapatkan persetujuan dari Menteri keuangan untuk penerapan PPK - BLU.

3. Sebagai usulan perubahan organisasi dengan strukturnya kepada menteri pendayagunaan Aparatur Negara. Pada kesempatan ini, tim analisis UI memaparkan hasil kajian kondisi umum LEMIGAS, Manajerial Organisasi, Sumber Daya Manusia (SDM), serta sistem pengelolaan Keuangan.

 

LEMIGAS sebagai suatu lembaga penelitian, telah memiliki citra yang baik serta jaringan dan partner yang luas, baik di dalam maupun luar negeri. Sarana dan prasarana laboratorium migas terlengkap di Indonesia, serta tenaga ahli yang unggul. Namun LEMIGAS masih perlu adanya pembenahan di segala bidang dalam rangka menuju BLU.

 

Saat ini LEMIGAS sebagai unit pelaksana teknis, tidak bisa berkembang dalam memberikan pelayanan baik untuk pemerintah, industri maupun swasta, karena secara manajerial tidak dapat independent dalam sistem kepegawaian, keuangan, dan aset.

 

Tim analisis UI menyatakan bahwa kondisi sistem keuangan/pendapatan yang terlebih dahulu harus disetorkan ke Kas Negara, mengakibatkan organisasi tidak bisa mengembangkan secara fleksibel sehingga banyak program-program yang sudah direncanakan tertunda. Disamping itu LEMIGAS perlu menambahkan Dewan Pengawas dari struktur organisasi yang telah ada.

 

Hasil seminar ini menyatakan, organisasi yang tepat untuk LEMIGAS adalah menerapakan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PPK – BLU) dengan memformulasikan dan menata ulang kembali stuktur yang ada. Ketersediaan SDM harus sejalan dan berkesinambungan, serta harus diarahkan pada peningkatan kualitas disamping peningkatan kuantitas.

 

Pola budaya birokrat harus berubah menjadi budaya kerja korporasi untuk menjamin keberlangsungan penerapan PPK-BLU oleh PPPTMGB ”LEMIGAS”. Pembentukan Dewan Pengawas merupakan prasyarat bagi suatu lembaga yang menerapkan pola kerja korporasi (PPK-BLU).

 

Menyiapkan strategi bisnis yang matang serta kerjasama dan spesialisasi pelayanan jasa untuk meningkatkan pendapatan. LEMIGAS harus melakukan pengelolaan asset secara tepat guna dan berdaya guna untuk mendukung kinerja dalam rangka penerapan kearah PPK - BLU. Tim analisis UI sangat berharap kajian naskah akademis Organisasi LEMIGAS ini dapat bermanfaat bagi PPPTMGB ”LEMIGAS” sebagai suatu lembaga yang mandiri.











ARSIP BERITA:

JL. CILEDUG RAYA KAV.109 CIPULIR, KEBAYORAN LAMA, JAKARTA SELATAN 12230 - INDONESIA | P.O. BOX 1089/JKT
PHONE. +62 21 7228814, +62 21 7394422 Ext. 1222, 1223 | FAX. +62 21 7228614, 7246150
KONTAK BISNIS:
Program Riset Teknologi Eksplorasi: (021) 7222853 | Program Riset Teknologi Eksploitasi: (021) 7222978 | Program Riset Teknologi Proses: (021) 7245895
Program Riset Teknologi Produksi Aplikasi: (021) 7398278 | Program Riset Teknologi Gas: (021) 7220716
Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi